Sabtu, 25 Mei 2019

5 Alasan Kenapa Harus Rajin Ganti Oli Untuk Mesin


Mempunyai kendaraan pribadi mungkin sangat memudahkan mobilitas kita, namun banyak hal yang harus kita perhatikan agar kendaraan kita tetap prima. Perawatan rutin harus dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya hal-hal yang tak terduga selama di perjalanan. Selain memeriksa body motor dan tekanan ban, kalian juga wajib untuk mengganti oli kendaraan anda beberapa bulan sekali secara rutin. Lalu, kenapa ganti oli mesin harus dilakukan rutin? Berikut informasinya untuk anda.

5 Alasan Rutin Ganti Oli Mesin
1. Agar Mesin Tidak Mudah Aus

Oli memiliki peranan yang cukup vital bagi kendaraan bermotor, entah itu untuk kendaraan roda dua dan juga roda empat. Tugasnya adalah untuk menjaga setiap pergerakan mesin yang notabene sering melakukan interaksi yang menyebabkan gesekan antar keduanya. Apabila gesekan yang terjadi sangat besar tanpa adanya oli sebagai pelumas, maka mesin akan mudah panas dan aus. Jika sudah begitu, mesin kendaraan anda akan cepat rusak. Oleh karena gesekan ini juga oli yang ada lama kelamaan juga akan habis, untuk itulah penting bagi kita untuk ganti oli mesin.

2. Agar Mesin Tetap Prima

Mesin dalam mobil memiliki bentuk yang detail serta disusun dengan kerapatan yang berbeda-beda. setiap piranti dalam mobil disusun sedemikian rupa, karena tugasnya yang saling berkesinambungan. Oleh karenanya besar kemungkinan bagi piranti-piranti pada mesin tersebut mengalami gesekan. Oli disini berperan sebagai media untuk memperkecil gaya gesekan, dengan gaya gesekan yang kecil, bukan hanya mampu menjaga agar mesin tidak mudah aus, namun juga mendukung kinerja mesin agar tetap prima. Namun seiring pergesekan yang terjadi, oli akan menyusut dan lama kelamaan menghilang bahkan menggumpal, maka wajib bagi kita untuk ganti oli mesin secara rutin.

3. Agar Mesin Tetap Awet

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa oli memiliki peran untuk memperkecil gaya gesek pada piranti-piranti mesin. Ketika mesin yang ada tidak menggunakan oli sebagai pelumas, maka masing-masing piranti pada mesin akan saling gesek dan mudah mengalami aus. Jika sudah begitu, piranti-piranti tersebut akan cepat panas dan rusak akibat gaya gesek yang ditimbulkan. Hadirnya oli sebagai pelumas, mampu menjaga piranti-piranti tersebut agar bergerak lebih baik dan terhindar dari aus. Sehingga mesin akan panjang umur dan anda pun dapat menggunakan kendaraan anda dalam jangka waktu yang lama

4. Hemat BBM

Peranannya yang menjaga agar mesin kendaraan tetap prima dan tak mudah panas ternyata juga berdampak pada konsumsi BBM. Berkat performa mesin yang prima ini juga konsumsi bahan bakar dapat diminimalisir. Sebaliknya, apabila mesin tidak memiliki performa yang prima, maka mesin tidak akan bekerja secara optimal sehingga proses pembakaran bahan bakar pun terganggu. Sebagian bahan bakar akan terbuang sia-sia sehingga konsumsi bahan bakar pun meningkat.

5. Asap Knalpot Tidak Mengepul

Ternyata, asap knalpot bisa mengindikasikan keadaan kendaraan anda. Nah, untuk anda yang rajin mengganti oli, pasti tidak akan pernah melihat kendaraan anda memiliki asap yang mengepul, juga suara mesin yang tidak berisik. Berbeda dengan kendaraan yang tidak sering ganti oli, biasanya asap putih atau hitam akan keluar dari knalpot. Asap tersebut menjadi indikasi bahwa terjadi masalah di sistem pembakaran atau juga pada oli.

Itulah beberapa alasan mendasar kenapa kita wajib ganti oli mesin secara rutin. Meski terlihat sepele, ternyata oli memiliki peranan penting dalam menjaga performa mesin. Nah, dengan mengetahui beberapa hal di atas, kalian jangan lagi malas-malas ganti oli kendaraan ya. Supaya kendaraan anda tetap prima dan tidak mudah mengalami kerusakan.